Telah menjadi bagian dari tradisi berwisata saat mengunjungi sebuah obyek wisata dengan membeli oleh-oleh khas. Hal ini sekaligus menjadi pelengkap acara wisata yang dilakukan ke semua tempat termasuk wisata Pulau Harapan. Umumnya, oleh-oleh yang dibawa dari tempat wisata dibagikan pada keluarga, saudara, rekan kerja dan teman. Hal ini bertujuan supaya mereka ikut merasakan kebahagiaan yang didapat.

Jika anda berwisata ke Pulau Seribu dan Pulau Harapan maka anda bisa mendapatkan beragam macam oleh-oleh disana. nah, salah satu oleh-oleh yang populer dan sangat terkenal adalah kerupuk ikan.

Tentang Kerupuk Ikan Khas Pulau Seribu

Sudah menjadi trens wisatawan dari berbagai tempat membawa pulang banyak kerupuk ikan untuk dijadikan oleh-oleh. Kerupuk khas ini berbahan dasar ikan yang masih segar yang kemudian diolah dengan tepung terigu. Tentu sudah tak diragukan lagi bahwa rasanya gurih, enak dan membuat anda ketagihan. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan kesana untuk berburu makanan ringan khas yang satu ini.

Disamping rasanya yang enak dan gurih, proses membuatnya juga melalui sebuah proses pembuatan yang cukup alami. Tentu alami yang dimaksud adalah karena tidak mengandung bahan kimia. Didalam ikan sebagai bahan utama pembuatannya ini terdapat kandungan protein yang sekaligus menjadi sumber kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kerupuk ikan tersebut dikemas dalam keadaan mentah dan agardapat dikonsumsi maka harus digoreng terlebih dahulu. Tak hanya enak dijadikan cemilan, namun kerupuk khas ini enak pula dijadikan sebagai teman hidangan nasi biasa, nasi uduk dan nasi goreng. Kerupuk khas ini juga banyak ditemui di warung-warung yang ada di Pulau Seribu, harganyapun terjangkau.

Sedikit Gambaran Tentang Resep Khas Kerupuk Ikan

Jika anda ingin mengetahui tentang bagaimana resep kerupuk khas yang sangat enak ini, berikut sedikit gambaran yang tersaji kali ini:

Bahan dan bumbu

  1. Daging ikan lemuru atau ikan tongkol merah 3 kg
  2. Tepung tapioka kualitas 1, 1 kg
  3. Bawang putih 5 siung
  4. Soda kue ¼ sendok makan
  5. Garam 1 sendok makan

Cara membuat

  1. Giling halus atau bisa menggunakan mixer bahan daging ikan
  2. Haluskan bawang putih, garam dan soda
  3. Ulek didalam cobek bumbu tadi dan daging ikannya hingga mengembang
  4. Tambahkan ± 300 gram tepung tapioka lalu ulek hingga daging ikan mencampur rata dengan tepung
  5. Olah dengan tangan hingga kenyal dan berbentuk memanjang
  6. Kukus hingga sekitar ¼ jam
  7. Biarkan hingga keras lalu setelah mengeras iris atau potong secara tipis-tipis
  8. Jemur hingga benar-benar kering
  9. Kerupuk sudah jadi dan siap untuk digoreng lalu dinikmati

Kenikmatan kerupuk dari bahan dasar utama ikan ini tentu berbeda dengan rasa yang diperoleh dari kerupuk pada umumnya. Rasa yang renyah dan gurih membuat siapapun yang menikmatinya akan ketagihan untuk memakannya lagi dan lagi. Yang membedakan adalah sensasi rasa ikan yang melekat dalam kerupuk tersebut sehingga lebih enak dimakan.

Karena kerupuk ikan dari Pulau Seribu ini berbeda dengan rasa dari kerupuk dari daerah lain maka saat berkunjung kesana anda wajib mencicipinya. Selain mencicipinya disana, bawa juga kerupuk ikan yang khas ini pulang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas. Keluarga, teman, saudara dan rekan anda tentu menikmatinya dan senang mendapat oleh-oleh yang nikmat tersebut.